Resensi Buku:
Bunga Rampai Peraturan Daerah
Berperspektif Hak Asasi Manusia

Prakata

Dalam pembentukan peraturan daerah paling sedikit harus memuat tiga landasan, yaitu: landasan filosofis adalah landasan yang berkaitan dengan dasar atau ideologi negara; landasan sosiologis adalah landasan yang berkaitan dengan kondisi atau kenyataan empiris yang hidup dalam masyarakat dan landasan yuridis adalah landasan yang berkaitan dengan kewenangan untuk membentuk, kesesuaian antara jenis dan materi muatan, tata cara atau prosedur tertentu, dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Sejalan dengan itu, peraturan daerah juga harus dialasi hak asasi manusia  agar terwujud keselarasan kepentingan-kepentingan di antara individu yang bersaing dalam berbagi ruang fisik dan ruang sosial.

Keselarasan hukum dan hak asasi manusia dalam peraturan daerah ini diperlukan untuk menggantikan gagasan dan idiologi lama tentang doktrin kelahiran peraturan perundang-undangan, yang berlindung dari dimensi kedaulatan mutlak, kehendak umum rakyat, invisible hand, elite birokrasi dan kediktatoran proletariat.

Karena itu sebagaimana para pemikir terdahulu tentang negara hukum (role of law/rechtstaat) maka dimasukkannya pasal-pasal tentang hak asasi manusia dalam konstitusi dan setiap peraturan perundang-undangan termasuk peraturan daerah, sebagai jaminan hak asasi manusia dan  kebebasan dasar menjadi keharusan. Hal ini berarti bahwa kekuasaan pemerintahan dalam membuat agenda pembangunan sebagai kepentingan terbaik bagi masyarakat, yang dibingkai dalam setiap peraturan harus memenuhi ukuran keadilan dan kepantasan yang baru.

Dengan selesainya buku sederhana dan ringkas dalam pemikiran tentang Peraturan Daerah Berperspektif Hak Asasi Manusia ini, penulis mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu wa Ta’la.

Sebagai harapan semoga buku ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak, khususnya mereka yang hendak melakukan penyusunan peraturan daerah yang berperspektif  hak asasi manusia.

Jakarta,  Awal Februari 2011

Penulis
Taswem Tarib

==============================================

Bunga Rampai Peraturan Daerah
Berperspektif Hak Asasi Manusia

Penulis:
Taswem Tarib

Kata Pengantar:
Patrialis Akbar
(Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia)

Editor:
Kolier Haryanto

Grafis:
M.F. Setiawan

Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Bunga Rampai Peraturan Daerah
Berperspektif Hak Asasi Manusia
Bunga Rampai Peraturan Daerah ; Berperspektif Hak Asasi Manusia
Penulis ; Taswem Tarib. –
Jakarta: Indonesia Future Institute (IFI),
2011.
xiv + 107 hlm. ; 27 cm

ISBN 978-979-16891-1-3

Cetakan Pertama, Februari 2011
© Indonesia Future Institute
Indonesia Future Institute Building
Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 40C,
Jakarta Selatan

Taswem Tarib, Bc.IM,SH.MH
NIP. 19520808 197110 1 001